Materi 6 GUI II (Input/Output, Event)
GUI II (Input/Output, Event)
A. Input dan Output
- Input: nilai yang kita masukan ke program
- Output: hasil pengolahan
Java sendiri sudah menyediakan tiga class untuk mengambil input :
- Class Scanner;
- Class BufferReader;
- dan Class Console.
3 class tersebut untuk mengambil input pada program berbasis teks (console). Sedangkan untuk GUI menggunakan class yang lain seperti JOptionPane dan inputbox pada form.
Sementara untuk outputnya, Java menyediakan fungsi
print()
, println()
, dan format()
.Mengambil Input dengan Class Scanner
Scanner merupakan class yang menyediakan fungsi-fungsi untuk mengambil input dari keyboard.
Agar kita bisa menggunakan Scanner, kita perlu mengimpornya ke dalam kode: import java.util.Scanner;
Mengambil Input dengan Class BufferReader
- Class
BufferReader
sebenarnya tidak hanya untuk mengambil input dari keyboard saja. - Class ini juga dapat digunakan untuk membaca input dari file dan jaringan.
- Class ini terletak di dalam paket
java.io
. - Dapat diimport menggunakan class
BufferReader :
import java.io.BufferedReader;
Mengambil Input dengan Class Console
Class
Console
hampir sama dengan BufferReader
. dia juga menggunakan fungsi readLine()
untuk mengambil input. akan tetapi Class ini hanya bisa digunakan di lingkungan console saja, seperti Terminal dan CMD. Class Console
tidak bisa digunakan langsung di Netbeans. Maka dari itu, kita harus kompilasi secara manual. Untuk menggunakan class ini, kita perlu mengimpornya terlebih dahulu : import java.io.Console;Menampilkan Output
Ada beberapa fungsi yang sudah disediakan oleh Java:
- Fungsi
System.out.print()
- Fungsi
System.out.println()
- Fungsi
System.out.format()
B. GUI Event Pada Java
Event adalah objek yang dibuat ketika ada perubahan state (sesuatu yang berubah) pada GUI (Graphical User Interface).
Model Delegasi Event
Model delegasi event ini terdiri dari dua bagian, yaitu:
- Sources atau sumber terjadinya event (ketika event terjadi maka objek event akan di buat)
- Listener atau yang akan menangani event
Tahap Event Handling
- Meregisterkan listener ke sources event, Untuk meregistrasikannya dengan : objSource.addTypeListener(objTypeListener.
- Mengimplementasikan method dari listener.
Class Event Pada Java
No
|
Class
|
Event
|
Interface
|
Method
|
1
|
ActionEvent
|
Button, MenuItem,
List
|
ActionListener
|
actionPerformed()
|
2
|
AdjustmentEvent
|
Component
|
AdjstmentListener
|
adjustmentValueChanged()
|
3
|
ComponentEvent
|
Component
|
ComponentListener
|
componentResized(),
componentMoved(), componentShown(), componentHidden()
|
4
|
ContainerEvent
|
Component
|
ContainerListener
|
componentAdded,
componentRemoved()
|
5
|
FocusEvent
|
Component
|
FocusListener
|
focusGained(),
focusLost()
|
6
|
ItemEvent
|
CheckBox
|
ItemListener
|
itemStateChanged()
|
7
|
KeyEvent
|
Text component
|
KeyListener
|
keyTyped(),
keyPressed(), keyReleased()
|
8
|
MouseEvent
|
Pergerakan
Mouse
|
MouseListener,
MouseMotionListener
|
mousePressed(),
mouseClicked(), mouseEntered(), mouseExited(), mouseReleased()
|
9
|
MouseWheelEvent
|
Pergerakan mouse
wheel
|
MouseWheelListener
|
mouseMoved(),
mouseDragged() |
10
|
TextEvent
|
Text component
|
TextListener
|
textChanged()
|
Komentar
Posting Komentar