Materi 6 GUI II (Input/Output, Event)

GUI II (Input/Output, Event)




A. Input dan Output

  • Input: nilai yang kita masukan ke program
  • Output: hasil pengolahan
Java sendiri sudah menyediakan tiga class untuk mengambil input :
  1. Class Scanner;
  2. Class BufferReader;
  3. dan Class Console.
3 class tersebut untuk mengambil input pada program berbasis teks (console). Sedangkan untuk GUI menggunakan class yang lain seperti JOptionPane dan inputbox pada form.
Sementara untuk outputnya, Java menyediakan fungsi print()println(), dan format().

Mengambil Input dengan Class Scanner

Scanner merupakan class yang menyediakan fungsi-fungsi untuk mengambil input dari keyboard.
 Agar kita bisa menggunakan Scanner, kita perlu mengimpornya ke dalam kode: import java.util.Scanner;

Mengambil Input dengan Class BufferReader

  • Class BufferReader sebenarnya tidak hanya untuk mengambil input dari keyboard saja.
  • Class ini juga dapat digunakan untuk membaca input dari file dan jaringan.
  • Class ini terletak di dalam paket java.io.
  • Dapat diimport menggunakan class BufferReader : import java.io.BufferedReader;

Mengambil Input dengan Class Console

Class Console hampir sama dengan BufferReader. dia juga menggunakan fungsi readLine() untuk mengambil input. akan tetapi Class ini hanya bisa digunakan di lingkungan console saja, seperti Terminal dan CMD. Class Console tidak bisa digunakan langsung di Netbeans. Maka dari itu, kita harus kompilasi secara manual. Untuk menggunakan class ini, kita perlu mengimpornya terlebih dahulu  : import java.io.Console;

Menampilkan Output

Ada beberapa fungsi yang sudah disediakan oleh Java:
  1. Fungsi System.out.print()
  2. Fungsi System.out.println()
  3. Fungsi System.out.format()

B. GUI Event Pada Java


Event adalah objek yang dibuat ketika ada perubahan state (sesuatu yang berubah) pada GUI (Graphical User Interface).

Model Delegasi Event

Model delegasi event ini terdiri dari dua bagian, yaitu:
  • Sources atau sumber terjadinya event (ketika event terjadi maka objek event akan di buat)
  • Listener atau yang akan menangani event

Tahap Event Handling

  1. Meregisterkan listener ke sources event, Untuk meregistrasikannya dengan : objSource.addTypeListener(objTypeListener.
  2. Mengimplementasikan method dari listener.

Class Event Pada Java

No
Class
Event
Interface
Method
1
ActionEvent
Button, MenuItem, List
ActionListener
actionPerformed()
2
AdjustmentEvent
Component
AdjstmentListener
adjustmentValueChanged()
3
ComponentEvent
Component
ComponentListener
componentResized(), componentMoved(), componentShown(), componentHidden()
4
ContainerEvent
Component
ContainerListener
componentAdded, componentRemoved()
5
FocusEvent
Component
FocusListener
focusGained(), focusLost()
6
ItemEvent
CheckBox
ItemListener
itemStateChanged()
7
KeyEvent
Text component
KeyListener
keyTyped(), keyPressed(), keyReleased()
8
MouseEvent
Pergerakan   Mouse
MouseListener, MouseMotionListener
mousePressed(), mouseClicked(), mouseEntered(), mouseExited(), mouseReleased()
9
MouseWheelEvent
Pergerakan mouse wheel
MouseWheelListener
mouseMoved(),
mouseDragged()
10
TextEvent
Text component
TextListener
textChanged()


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi 8 GUI IV (Tabel)

Materi 2 Percabangan

Materi 10 Cara Menggunakan iReport Pada Java